"Operator Website Desa digembleng Untuk menuju Desa Digital"

  • Sep 22, 2023
  • Pakel

Info Pakel__Dalam rangka menuju Desa Digital, para operator Website Desa di Kecamatan Montong digembleng melalui Bimtek Operator Website pada Hari Rabu, 20-09-2023.

 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Diskominfo Tuban itu dihadiri oleh Semua operator Website dan Operator Spasi (TTE) Desa se Kecamatan Montong. Acara dimulai jam 09.00 WIB, dengan Sambutan Camat Montong sekaligus membuka Bimtek tersebut.


Dalam sambutanya Camat Montong Bapak Agung Sakuntolo yang akrab dipanggil pak agung berharap semua desa tahun ini bisa menerapkan Spasi dan memaksimalkan website desa minimal 1 (satu) bulan bisa membuat 3  (tiga) berita tentang update kegiatan desa. Tutut pak agung dengan semangat memberi motivasi para operator desa.

 

Selanjutnya, dari Diskominfo yang diwakili oleh Bapak Sumarno yang membidangi masalah Website desa menyampaikan bahwa Kecamatan Montong harus bisa menjadi percontohan dalam Penerapan Desa Digital karena potensi yang dimiliki montong sangat mendukungnya. Tutur bapak Sumarno.

 

Kegiatan bimtek dimulai dengan praktek menggunakan Aplikasi Spasi  atau TandaTangan Elektronik (TTE) bagi desa yang belum menggunakanya. Dengan TTE masyarakat lebih mudah dan cepat dalam pengurusan surat menyurat di desa karena tidak harus tatap muka langsung ketika meminta tanda tangan Kepala Desa. Karena tanda tangan Kepala Desa Cukup dengan memverifikasi surat melalui Hand Pone (HP) dengan aplikasi Spasi.

 

Diakhir kegiatan Bimtek, semua operator Website diminta untuk bersiap siap migrasi Website Desa dari OpenSide.id ke Sideka sesuai arahan Diskominfo pusat. Diharapkan dengan menggunakan Sideka ini data yang ada diwebsite desa akan aman dan tidak hilang karena website dari Sideka ini gratis domain dan hostingnya. _ Tim Media Pakel